Ini Dia Alasan Kenapa Anda Harus Berbagi Dengan Orang lain

Kenapa harus berbagi? Bentuk pertanyaan tersebut memang cukup egois dan terkesan tidak ingin melakukan tindakan berbagi. Padahal tindakan berbagi menjadi hal penting yang harus Anda lakukan.


Bahkan tindakan yang satu ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, tetapi juga dapat dilakukan oleh anak-anak sedini mungkin, sebagai bekal pembelajaran untuk menghadapi kehidupan di masa mendatang.


Berada dalam kondisi pandemik seperti saat ini, kegiatan berbagi menjadi hal penting yang harus dilakukan.


Dalam hal ini kegiatan berbagi dapat dilakukan oleh tangan dermawan yang mau membantu orang yang membutuhkan lainnya.


Banyak di antaranya orang yang merasa enggan untuk berbagi, padahal jika dilihat dari dampak yang ditimbulkannya, justru sangat baik dan dapat mempengaruhi kehidupan Anda di masa mendatang.



Dari penjelasan tersebut Anda dapat melihat bahwa ada banyak alasan yang menjadikan Anda harus saling berbagi dengan sesama.


Bahkan alasan tersebut bukan hanya berkaitan dengan masa depan Anda saja, tetapi juga muncul dari beberapa alasan lainnya, seperti halnya beberapa alasan berikut ini :

1. Manusia sebagai mahluk sosial


Manusia dikenal sebagai mahluk sosial yang tentunya tidak dapat hidup seorang diri karena membutuhkan bantuan orang lainnya. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun ketika Anda menghadapi masalah tentunya Anda akan membutuhkan pertolongan dari orang lainnya.


Karena itulah konsep berbagi menjadi hal penting yang harus diterapkan agar setiap permasalahan yang dihadapi pun dapat diselesaikan dengan lebih mudah.


Sementara itu, roda kehidupan setiap manusia pun terus berputar, ada kalanya Anda berada di atas dan ada pula masanya Anda berada di titik terendah, ketika Anda berada di atas, ada baiknya bagi Anda untuk berbagi dengan memberikan apa yang Anda mampu pada mereka yang membutuhkan.


2. Hukum timbal balik selalu berlaku


Dalam kehidupan, hukum timbal balik selalu ada setiap waktunya. Karena itulah ketika Anda berada di atas, maka pastikan untuk selalu berbagi dengan sesama terutama mereka yang membutuhkan.


Karena tidak ada orang yang dapat memastikan mengenai kesuksesan yang telah Anda raih, apakah hal tersebut akan terus bertahan atau justru berubah di masa mendatang


Dengan melakukan kebaikan seperti halnya berbagi di saat Anda mampu, maka bukan tidak mungkin di saat Anda sulit pun akan ada orang yang membantu Anda. Percayalah dengan hal yang satu ini, karena tidak ada hal yang tidak mungkin untuk terjadi di dunia ini, apalagi hal tersebut hadir dengan izin Tuhan.


Karena itu teruslah berbuat baik agar kehidupan Anda juga dinaungi dengan beragam kebaikan




3. Hadirkan rasa puas dan ketenangan


Mereka yang sering berbagi seringkali hadir dengan rasa puas dan menjadikan dirinya lebih tenang.


Hal ini terjadi sebagai efek berupa aura positif yang telah ditimbulkannya. Pasalnya dengan berbagi Anda tidak akan merasa khawatir kembali terhadap orang-orang membutuhkan yang ada di sekeliling Anda.


Tidak hanya itu, Anda yang berbagi pun tidak perlu khawatir akan kehabisan harta dengan setiap tindakan yang telah Anda lakukan.


Pasalnya setiap tindakan baik akan dibalas dengan kebaikan pula. Karena itulah ketika berbagi Anda tidak perlu berpikir terlalu panjang, cukup lakukan dan nikmati setiap hasilnya di masa mendatang.


4. Meminimalisir permasalahan di lingkungan sosial


Sebagai mahluk sosial yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya, terkadang timbul konflik di antara sesama manusia. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memulainya dengan cara berbagi.


Namun pastikan untuk tidak mengharapkan adanya balasan. Pasalnya jika Anda mengharapkan balasan maka ada kemungkinan konflik tersebut pun akan tarus berlanjut dan tidak ada akhirnya.


Sementara itu, jika Anda melakukannya dengan ikhlas, bukan hanya hati Anda saja yang berubah menjadi lebih tenang. Tetapi mereka yang menerima bantuan Anda ketika melakukan aktivitas berbagi pun akan merasa sangat terbantu. Hal ini berkaitan dengan permasalahan yang dihadapinya telah teratasi berkat bantuan yang Anda berikan.




5. Lebih bijaksana


Alasan lainnya yang menjadikan aktivitas berbagai sebagai hal penting adalah kebiasaan berbagi yang dapat merubah pola pikir serta karakter pribadi seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Hal ini terlihat dari perubahan yang terjadi padanya yang kemudian dikenal sebagai sosok bijaksana. Pasalnya mereka yang terbiasa dengan berbagi akan lebih memahami dan menghargai orang lain.


Tidak hanya itu, mereka juga menganggap bahwa semua orang berhak mendapatkan rasa bahagia dan kasih sayang. Bahkan dengan berbagi beragam rasa yang berkaitan dengan kebencian, dendam, iri atau bahkan dengki pun dapat terhapus dengan mudah.


Hal ini terjadi karena setiap hal yang dilakukan telah tergantikan dengan kebaikan yang Anda lakukan setiap harinya.


Dari beberapa penjelasan di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa ada banyak hal yang menjadi alasan kenapa harus berbagi dengan sesama manusia lainnya.

0 views
HUBUNGI KAMI

Jl. Taman Surya 5 , RT.7/RW.3,

Ruko Palm Crown Blok OO1 - 17

Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830

sosial media
SUBSCRIBE

© 2020 by Yayasan Kebun Anggur. Proudly created by 

grow and bless digital marketing

made by WIX

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • YouTube