Search

Indahnya Berbagi : Menebar Kasih Kepada Sesama

Kasih sayang menjadi konsep mendalam mengenai kehidupan manusia. Sikap tersebut yang tanpa disadari membuat manusia bertahan hidup serta berkelanjutan. Cakupan rasa ini tidak hanya mengenai lawan jenis. Namun, menyebar pada berbagai aspek kemanusiaan. Bahkan secara tidak sadar manusia belajar tentangnya sejak kecil.


Sebagaimana sikap lain yang menular. Rasa sayang pada sesama juga menular tanpa harus dipaksakan.

Lihatlah bagaimana manusia kecil nan lemah lahir. Rasionalnya, makhluk kecil ini tidak bisa bertahan jika tanpa kehadiran orang tua dan orang-orang terdekat. Anggota keluarga menjadi manusia pertama yang dimiliki olah seorang anak. Mereka belajar banyak mengenai berbagai macam hal.


Orang tua secara otomatis akan memberikan apapun yang mereka miliki untuk si kecil. Mereka mengenalkan setiap detail kehidupan dengan sabar dan penuh cinta.


Terkadang mereka marah dengan sikapnya. Namun, keadaan seperti ini tidak akan terjadi dalam waktu lama. Sebab, dasar dari rasa sayang telah membuat semua kesalahan sembuh dengan mudah.



Selanjutnya, ketika dirasa sudah berada di fase tumbuh kembang. Orang tua akan mengenalkan anak kepada arena lain. Dimana disini tanpa disadari mereka mempraktikan apa yang sudah diajarkan oleh keluarga.


Belajar untuk saling menghormati, menolong, dan bersosialisasi dengan baik. Walaupun tak jarang proses tersebut harus terhambat oleh kekeliruan penyerapan nilai. Sejatinya, anak yang kuat secara karakter akan kembali pada jalur semestinya. Menurut orang bijak menjadi orang baik bukan perkara mudah.


Sebab, tugas manusia bukan menjadi baik. Melainkan proses terpenting dari kehidupan ialah bagaimana cara menikmati proses menjadi manusia seutuhnya.


Bukan sesuatu yang aneh ketika ditengah proses Anda mengalami kesulitan. Melakukan kesalahan ataupun menyimpang. Tahapan tersebut pasti akan dihadapi oleh setiap individu.


Tantangan yang sebenarnya bukan menghindarinya. Melainkan bagaimana Anda mampu kembali ke rule awal yang telah diajarkan orang-orang terdekat. Penyebaran kasih sayang kepada sesama bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kegiatan yang sering dilakukan ialah dengan berbagi dengan orang lain.


Aktivitas semacam ini tidak hanya berguna untuk membangun tali persaudaraan. Melainkan tentang bentuk ekspresi Anda dihadapan Tuhan. Pada dasarnya manusia terkait oleh dua hubungan. Yaitu, interaksi terhadap Tuhan dan makhlukNya.


Konteks yang terkadang membuat berat ialah menjaga hubungan dengan manusia itu sendiri. Sebab, manusia mempunyai karakter dan persepsi yang tidak mampu ditebak.


Terkadang ketika tujuan Anda adalah A. Diartikan orang lain sebagai B. Masalah seperti ini yang kemudian membulat menjadi persoalan yang cukup panjang. Nah, untuk mengurangi kesalahpahaman Anda bisa memulai berkomunikasi dengan mereka. Berikan pengertian kepada mereka tentang apa yang sebenarnya dimaksutkan. Mungkin akan sedikit sulit tetapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukan. Manusia tidak bisa mengubah orang lain.


Cakupan Makna Kasih Sayang Antar Manusia


Cinta, kasih, dan sayang adalah tiga elemen penuh kelembutan yang dianugerahkan Tuhan. Penciptaannya dimaksutkan agar hidup menjadi damai dan tentram. Potret ketiganya bisa terlihat dari hubungan keseharian.



Anda dipersilakan untuk mencoba membantu orang lain. Menurut beberapa penelitian berbagi adalah cara termudah untuk menjaga kesehatan. Sebab, para ahli menyatakan tentang keterkaitan antara rasa bahagia dan dampaknya pada tubuh.


Bukankah Anda merasakan sendiri kehangatan saat memberi pertolongan kepada mereka yang membutuhkan? Tidak melulu tentang uang. Anda bisa juga melakukannya lewat apa yang dikuasai. Sampai disini jelas bahwasannya mencari kebaikan bukan sesuatu yang sulit. Mungkin terasa berat karena Anda tidak terbiasa.


Cinta dan rasa sayang sendiri bukan elemen yang hanya berkaitan dengan lawan jenis. Tepat, cakupannya sangat luas. Mulai dari sesama, lingkungan sekitar, dan hewan. Pengajaran seperti ini yang berujung pada saling menjaga dan menghormati. Pada akhirnya pembicaraan tersebut bakal membawa Anda pada ranah yang sangat damai.


Baca juga: Manfaat Berbagi dengan Orang Miskin dan Sesama


Meskipun pada kenyataannya belum semua orang mampu melakukannya secara sempurna.


Namun, selama terdapat usaha konsep kasih sayang akan terus terasa. Bahkan mendominasi kehidupan setiap harinya. Orang tua, orang terdekat, teman, dan hubungan profesional lain. Merekalah yang tanpa sadari akan terus mengajarkan Anda tentang welas asih.


Sedikit berdebatan yang muncul ditengah proses pengajaran wajar terjadi. Perselisihan tersebut termasuk cara setiap manusia lebih mendalami karakter masing-masing.


Ketika sudah seperti ini kesadaran untuk saling menghargai semakin tumbuh. Harapannya setiap manusia mempunyai kontrol kuat dalam diri. Sehingga mereka mudah menemukan sadar dengan cepat. Sebab, pada dasarnya manusia mempunyai sifat pelupa. Itu kenapa pendidikan karakter termasuk poin yang harus diajarkan secara berkelanjutan.


Buatlah kehidupan semakin berarti dengan terus membaiki diri. Ketika Anda merasa kesulitan tak ada salahnya meminta bantuan orang lain. Interaksi harmonis menjadi tujuan utama dari penyebaran kasih ditengah kemajuan peradaban. Semoga bermanfaat.

1 view

HUBUNGI KAMI

Jl. Taman Surya 5 , RT.7/RW.3,

Ruko Palm Crown Blok OO1 - 17

Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830

SUBSCRIBE

© 2020 by Yayasan Kebun Anggur. Proudly created by 

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube