5 Manfaat Berbagi Dengan Orang Miskin Dan Sesama

Apakah benar berbagi dengan orang miskin dapat membuat kita merasa bahagia? Pada dasarnya konsep berbagi itu tidak hanya ditujukan antara orang kaya dengan miskin saja.


Dalam hal ini setiap orang dapat berbagi dengan sesamanya, baik itu orang kaya dengan orang miskin, orang kaya dengan orang kaya, orang miskin dengan miskin dan lainnya.


Dengan kata lain, konsep berbagi tidak terbatas pada golongan orang tertentu saja.

Dari kegiatan berbagi banyak orang yang merasa bahagia dan bangga dengan apa yang telah dilakukannya.


Namun jika dilihat dari fakta yang ada, berbagi justru membuat Anda yang melakukannya akan kehilangan sesuatu hal yang Anda miliki. Karena sesuatu hal tersebut telah diberikan pada beberapa pihak lainnya.



Kegiatan berbagi sendiri tidak selalu berkaitan dengan pemberian materi, karena dengan Anda tersenyum bersama pun hal tersebut dapat dikatakan sebagai tindakan berbagi kebahagiaan, yang tentunya tidak hanya menghasilkan kebaikan saja tetapi juga dapat membantu memudahkan urusan orang lainnya.


Dengan berbagi tentunya dapat menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih peduli terhadap sesama dan utamanya terhadap mereka yang membutuhkan.


Karena itulah mengapa tindakan berbagi diidentikkan dengan orang miskin.


Karena pada umumnya orang miskin adalah mereka yang membutuhkan bantuan.


Ada banyak hal yang dapat dilakukan ketika berbagi, dimulai dari berbagi ilmu, rejeki, hingga kebahagiaan yang tentunya dapat menjadikan hidup lebih berwarna.


Dengan berbagi, Anda bisa mendapatkan banyak hal. Ingin tahu hal apa saja yang bisa Anda dapatkan darinya? Berikut penjelasan singkatnya :


1. Berbagi menimbulkan rasa bahagia


Ketika seseorang berbagi, umumnya mereka akan merasa bahagia. Sebagai contoh kecil, ketika Anda memberi uang kepada orang yang membutuhkan.


Dalam hal ini, uang Anda jelas akan berkurang dan Anda pun tidak mendapatkan apa-apa dari hal tersebut. Meski demikian, dalam hati Anda tentunya akan merasa lebih senang bukan?


Karena ada kepuasan tersendiri ketika Anda dapat memberi pada orang yang membutuhkan.


Dalam hal ini, bahkan kebanyak orang lebih senang untuk berbagi dibandingkan dengan menggunakan uang untuk keperluannya sendiri.




2. Menjaga kesehatan tubuh


Selain menimbulkan rasa bahagia, berbagi juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Hal ini bahkan telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan di Universitas Stony Brook. Dalam penelitian tersebut terlihat bahwa para manula yang mengalami berbagai macam penyakit kronis, justru mengalami peningkatan kesehatan yang lebih baik, setelah mereka melakukan tindakan berbagi dengan sesama.


Tidak hanya itu dalam penelitian lain juga diungkapkan bahwa orang-orang yang sering membantu keluarga, teman, hingga tentangga. Umumnya memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik.


Bahkan dengan tindakan berbagi yang dilakukannya, mereka tentunya dapat memperpanjang batasan usia yang mereka miliki hingga 5 tahun lebih lama.


Menariknya lagi mereka yang mendapat bantuan tidak lantas memiliki usia yang lebih singkat, karena kedua belah pihak merasa bahagia, maka kedua pihak tersebut pun dapat bertahan hidup dengan lebih lama.


3. Menjaga hubungan sosial dan membangun kerjasama


Ketika berbagi dengan cara memberi maka secara tidak langsung Anda pun telah menerima dan begitu pun sebaliknya. Mengapa demikian?


Karena tindakan berbagi itu sendiri seperti pertandingan dari olahraga lari estafet. Dengan kata lain, ketika Anda melakukan kebaikan pada orang lain, maka sudah dapat dipastikan


Anda pun akan menerima kebaikan serupa dari orang lainnya. Meskipun hal tersebut hadir dalam bentuk yang berbeda namun tetap saja kegiatan berbagi tersebut terus berlanjut.


Ketika Anda meyakini bahwa kegiatan berbagi adalah sebuah ikatan yang terhubung dengan cara melingkar, maka setiap kebaikan yang telah Anda berikan akan kembali lagi pada diri Anda sendiri.


Dengan adanya ikatan tersebut, tentunya hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar pun akan terjalin dengan lebih kuat dan dekat. Karena itulah bentuk kerjasama pun akan terbangun dengan sendirinya di antara sesamanya.




4. Bangkitkan rasa syukur


Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan berbagi dengan sesama, termasuk di antaranya berbagi dengan orang miskin adalah menghadirkan rasa syukur atas semua nikmat yang telah Anda dapatkan.


Karena seperti yang Anda tahu, tidak semua orang seberuntung Anda, yang tentunya dapat berbagi dengan mudah.


Dengan rasa syukur yang Anda tunjukkan, tentunya Anda pun akan lebih optimis dalam melakukan berbagai macam hal, bahkan Anda pun akan melihat dengan lebih baik terhadap seluruh kehidupan yang Anda miliki.


5. Berbagi menjadi aktivitas yang menular dan berkelanjutan


Berbeda halnya dengan penularan dari jenis penyakit, Penularan dari tindakan berbagi justru memberikan dampak yang baik bagi Anda dan orang di sekitar.


Selain dapat membantu dan membahagiakan orang yang lebih membutuhkan. Kegiatan tersebut dapat Anda jadikan sebagai contoh atas kebaikan yang dapat ditiru oleh orang lainnya. Karena itulah tindakan berbagi dinyatakan sebagai aktivitas yang dapat menular dan diikuti oleh orang lainnya.


Dengan melihat beragam manfaat yang ditunjukkannya di bagian atas tadi, maka tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak berbagi. Apalagi jika tindakan tersebut termasuk dalam berbagi dengan orang miskin, yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi dirinya.




2 views
HUBUNGI KAMI

Jl. Taman Surya 5 , RT.7/RW.3,

Ruko Palm Crown Blok OO1 - 17

Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11830

sosial media
SUBSCRIBE

© 2020 by Yayasan Kebun Anggur. Proudly created by 

grow and bless digital marketing

made by WIX

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • YouTube